Pages

Friday, June 1, 2012

Penyebab dari Kegagalan

Zhao meminta Wang mengajarinya teknik-teknik menunggang kuda, tidak berapa lama kemudian mereka berdua mengikuti kompetisi balap kuda. Zhao meskipun tiga kali berganti kuda, selalu gagal dan menyalahi Wang karena tidak serius mengajarinya teknik-teknik menunggang kuda yang benar. Wang berkata, “Saya sudah mengajarimu semua teknik yang saya miliki, sedangkan kunci yang paling penting adalah koherensi tubuh kita dengan kuda, dan seluruh konsentrasi harus dicurahkan kepada kuda.” “Tetapi engkau ketika sedang berada dibelakang saya, pikiranmu hanya memikirkan bagaimana mengejar saya, setelah berada di depan saya, engkau takut terkejar oleh saya. Dalam hal balapan kuda pasti ada yang berada di depan atau tertinggal di belakang, walaupun berada di depan atau dibelakang, hati dan konsentrasimu selalu engkau curahkan di pihak saya, bagaimana dapat menunggang dengan baik? Itu semua penyebab kegagalanmu!,” jelasnya. Melakukan sesuatu hal dapat berhasil atau gagal semuanya berhubungan dengan konsentrasi pikiran dan tubuh, jika kita dapat mengkonsentrasikan pikiran dan tubuh fokus pada hal yang kita lakukan, pikiran kita tidak dikacaukan hal-hal dari luar, mana mungkin bisa mengalami kegagalan. Melakukan hal apapun maupun mengkultivasi diri juga demikian, jika dapat dengan hati yang murni merenungkan kata-kata dan perbuatan diri sendiri, dapat menjaga kepolosan hati seperti bayi, maka dapat menjadi seorang yang mulia dan penuh kebajikan. (hui)

0 comments:

Post a Comment